Yoga untuk membersihkan Usus

Yoga untuk membersihkan Usus 

Pembersihan usus sangat penting dalam kehidupan setiap manusia itu namun banyak dari kita bahkan tidak mengenalinya. Pembersihan usus hanya mengacu pada pembersihan usus besar. Tapi itu tidak cukup. Seluruh organ, yaitu, termasuk usus kecil harus dibersihkan. Usus besar cenderung mengumpulkan banyak bahan beracun daripada bagian lain dari tubuh dan sebagai hasilnya menjadi lebih tebal. Kemudian hasil dalam masalah usus yang serius, yang tidak dapat dengan mudah disembuhkan. Cara alami membersihkan usus besar adalah dengan berpuasa selama periode tertentu, mengambil jus dan rempah-rempah, dengan berlatih yoga dan meditasi dan dengan memberikan banyak tubuh istirahat dan relaksasi.

Usus kecil adalah tempat di mana makanan paling berasimilasi. Setiap masalah atau penyumbatan yang berhubungan dengan usus kecil akan mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Yoga telah memberikan kepentingan yang lebih besar untuk pembersihan usus, karena percaya bahwa asal dari semua penyakit kita mulai dari perut kita. 

Dalam yoga, ada praktik yang disebut “Shankhaprakshalana” atau “varisara dhauti” yang berarti mencuci internal menggunakan air. Ini adalah proses yang halus untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh racun yang melalui sumber yang berbeda ke sistem saraf kita, kulit, daerah sinus, usus, hati, ginjal dan singkatnya ke seluruh bagian tubuh kita. Praktik metode ini akan menjauhkan banyak penyakit yang termasuk masalah jantung, diabetes, tekanan darah, dan kegagalan ginjal. Katakan tidak untuk semua penyakit hanya dengan membersihkan usus besar Anda 

Shankhaprakshalana 

Shankha berarti “Keong” dan prakshalana berarti untuk mencuci sepenuhnya. Para shankha kata digunakan untuk mewakili seluruh saluran pencernaan dari mulut ke anus. Praktek ini juga dikenal sebagai “varisara dhauti”. Jadi, Shankhaprakshalana adalah proses untuk membersihkan saluran usus dengan menghapus kotoran dengan air asin. 

NOTE – Tidak ada yang harus mencoba ini dalam ketiadaan Guru Yoga dan tanpa nasihat dari praktisi medis

Pre- preparation:

Banyak bersih, air hangat harus tersedia, tambahkan 2 sendok teh garam per liter untuk air dan jus lemon 1 per sampah. Jangan tambahkan gula. 

Tempat untuk berlatih:
Tempat terbaik untuk berlatih Shankhaprakshalana adalah kebun atau di daerah terbuka di mana ada udara segar. Pastikan bahwa fasilitas toilet yang memadai dekat. Praktek terbaik adalah dengan sekelompok orang yang melakukan bersama-sama. Suasana harus rileks untuk memastikan bahwa ada gerakan mangkuk gratis.

Prosedur:
Mulai proses awal di pagi hari pada 6 sampai 07:00. Awalnya minum 2 gelas air persiapan secepat mungkin, dalam posisi duduk.

Lakukan 6 asana berikut dinamis 6 kali masing-masing, dalam semua 36 asana dalam satu putaran, praktek 2 putaran dalam urutan yang benar seperti yang dijelaskan di bawah ini:

 

Tadasana:

  • Jauhkan kaki terpisah 16-18 inci dari satu sama lain.
  • Angkat kedua lengan di depan, membawa ke bahu tingkat dan berpaut jari-jari Anda.
  • Ambil tangan saling bertautan dan wajah telapak tangan ke atas, luruskan lengan.
  • Angkat menyembuhkan Anda dan peregangan tubuh Anda dalam arah ke atas, tinggal untuk sementara dan kemudian melepaskannya
  • Ulangi asana ini selama 6 kali dan kemudian pergi untuk asana lain

 

Tiriyak tadasana:

  • Ambil posisi yang sama seperti tadasana tanpa mengangkat menyembuhkan.
  • Peregangan tubuh dan membungkuk ke arah kiri dari pinggang dan tahan posisi selama beberapa waktu.
  • Kembali ke pra-posisi dan rileks.
  • Bend ke arah kanan dan tahan selama beberapa waktu.
  • Kembali ke posisi pra-dan melepaskan.
  • ulangi asana ini selama 6 kali dan kemudian pergi untuk asana lain 

Katti Chakrasana:

  • Mengambil jarak antara kedua kaki sekitar 16-18 inci
  • Angkat lengan Anda samping cara-cara untuk bahu tingkat, telapak tangan menghadap ke bawah & sejajar dengan tanah.
  • Berpaling dari pinggang ke kiri, menjaga lengan sejajar dengan tanah.
  • Tekuk lengan kanan di siku dan berbalik tubuh dan meletakkan tangannya pada bahu kiri.
  • Tekuk lengan kiri di siku dan berbalik dari memuntir punggung di sekitar pinggang ke arah kanan.
  • Putar leher ke kiri dan memberikan memutar ke seluruh tubuh ke arah kiri. Diam untuk sementara di posisi ini dan kemudian melepaskan asana.
  • Ulangi dari sisi kanan. Ini melengkapi putaran pertama. Apakah 6 putaran terus menerus..

Tiryaka Bhujangasana

  • Bawa kedua tangan di dekat dada dan tempat telapak tangan di tanah, terus bersama-sama menunjuk jari kecuali jempol depan ditarik ke arah tubuh, Sentuh dahi ke tanah dan menaikkan dahi, leher menekuk ke belakang.
  • Jarak antara kaki harus 10-15 inci dan menyentuh jari-jari kaki di tanah dengan peregangan mundur.
  • Tekuk siku tangan kanan dalam dan menjaga tangan kiri lurus dari pinggang dan memberikan sentuhan ke arah kiri bersama dengan leher.
  • Rilis ini posisi dan ulangi dari sisi kanan dan menyelesaikan satu putaran.
  • Ulangi asana ini selama 6 kali. 

Udarakarshan

  • Take distance between 2 legs of about 8-10 inches, bend the knees touch the soles and sit down.
  • Put both the hands on the knees bending the elbows.
  • With the help of left hand press the left knee towards right foot but don’t lift up the right leg up in this position, give the pressure of right thigh to left thigh.
  • Remain still in this position for while and then release
  • Repeat this asana for 6 times. 

Kakhpadasana

  • Take the same position as Udarakarshan
  • Put your left leg in front of about 1 feet and bend the right knee towards the left foot
  • Lift the right knee up and put it 1 feet forwards and at the same time left knee towards the right foot
  • In the same way move forward and walk for about 20 feet by following same steps.
  • Drink two glass of water which is specially prepared and repeat all the asanas each 6 times. If you need to go to the toilet, go and empty your bowels if they have not yet been emptied do not strain, it is not essential at this point. Drink two glasses of water and repeat two rounds of the asanas. When you feel to go to toilet leave the particular asana and go to toilet, and then come back continue from where you had left that particular asana. Afterwards continue drinking the water, performing the asanas and going to toilet.
  • As pressure increases less stools and more water will be evacuated. Eventually cloudy yellow water and finally almost clear water will be evacuated, but it varies from person to person. The speed at which one completes the practice should not be compared with that of others.
  • Total rest for about 1 hr to 45 min is essential after the practice of Shankhaprakshalana in shavasana position, one should not sleep as it may result in a cold or headache. Try to maintain complete silence because during this time the whole digestive system is given a chance to recharge itself.
  • Passing urine at this time is perfectly normal. 

 

Special meal

2 hours after completing Shankhaprakshalana the specially prepared food, khichri (rice + moong lentils), must be taken, eating this meal at correct time is essential. The 3 components of the khichri are helpful in the restoration of correct digestive function. The clarified butter (cow’s ghee) is necessary to coat the intestinal walls until the body produces new lining. Rice provides simple easily digestible material in the form of carbohydrates and creates mucus, which also protects the inner lining of the alimentary canal. The lentils supplement the diet by giving the body an easily digestible source of protein, it’s an all round nutritional meal and sufficient quantity of it must be eaten to help the intestines and keep the walls of the gut stretched, other wise they may cramp due to the absence of the bulk to which they are accustomed. This bulk not only maintains the lane but also aids the intestine to resume peristalsis. It is also important in order to present in digestion, diarrhea and constipation. 

However, it is important not to sleep for at least 3 hours, after the initial meal Sleep during this period may lead to physical lethargy and headache; complete rest should be taken for the remaining of the day and also for the following days. During this period it is advisable to keep moan (silence) and avoid physical & mental work

Frequency: This practice should be preformed only once in 6 months. 

Duration:  The whole day should be aside for this practice and the following day for the rest. 

Practice: 1st day- 1 round, an increase one round per day, for 6 days. 

Summing up – Natural Ways to enhance Colon Health:

  • Drink plenty of pure and lukewarm water and apple juice to flush out extra fats from the alimentary canal.
  • Eat meals rich in fibers like spinach, raw fruits, germinated green beans and the most important Psyllium.
  • Use diets rich in probiotics which serve in replenishment of unsafe bacteria from the colon.
  • Following Yoga asana highlighted especially to ensure the proper functioning of the lower digestive system.
  • Avoiding ingestion of stuffs that escort to bowel abnormalities. 

Above points can significantly simplify the process of cleansing.

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: