Pranayama: teknik penyembuhan diri yang universal

Pranayam: a universal self-healing technique

Menurut teks-teks bahasa Sansekerta kuno Pranayam adalah teknik pernapasan yang tepat yang dapat membawa kita ke dalam meditasi untuk menyembuhkan pikiran, tubuh dan roh. “Pran” berarti kekuatan vital energi, karena setiap makhluk hidup bernafas dan “Ayama” adalah menyimpan dan distribusi energi.

Dengan meningkatnya tekanan beban waktu dan bekerja hampir semua dari kita lupa untuk bernapas dengan benar, postur kita hampir selalu miskin dan kita menjalani kehidupan dengan menggunakan hampir 30 persen dari kapasitas paru-paru kita. Sebagai sel-sel organ seperti jantung, paru-paru, sel-sel otak, darah, otot dan usus mendapatkan kekurangan oksigen, penyakit perlahan-lahan mulai berkembang. Oleh karena itu, penting untuk belajar bernapas yang benar, dan pemeliharaan postur tubuh yang benar. Menurut teks-teks Sansekerta kuno Pranayam benar dilakukan dapat menyembuhkan segala penyakit, namun salah dilakukan akan mengundang penyakit yang sama! Kunci untuk melakukan pranayama adalah untuk mengendurkan tubuh dari kepala sampai kaki dan menjadi pengamat untuk semua pikiran kita.

.


Penting melakukan Pranayam:

  • Praktek Pranayama dalam lingkungan, tenang terbuka dan bersih adalah sangat ideal.
     
  • Pranayama harus dilakukan hanya pada waktu perut kosong dan setelah melewati gerak yang jelas.
     
  • Melakukan Pranayama dalam posisi Lotus sangat ideal. Dalam sikap ini benar-benar tulang punggung lurus dan karenanya ada aliran darah dalam tulang setiap tubuh. Karena tulang rusuk yang tegak ada oksigen aliran penuh dalam paru-paru. Karena distribusi dari Prana Vayu (aliran energi) terjadi secara lengkap dan sistematis.
     
  • Selama retensi napas, belajar untuk mempertahankan napas yg mengarah ke dalam pertama dengan stabilitas. Jika stabilitas hilang, lebih baik untuk melepaskan napas, daripada regangan untuk menahannya.
     
  • Mencoba Pranayama hanya ketika asana yoga telah dikuasai.
     
  • Ini harus dipraktekkan dengan ketulusan terbesar dan presisi. Salah satu harus siap untuk Pranayama.
     
  • Berhati-hatilah untuk tidak mengganggu  organ vital dan saraf, atau stres sel-sel otak.

 

Pranayam dalam tindakan:

Duduk di asana. Bernapaslah dalam perlahan, sangat perlahan, memungkinkan bagian halus prana untuk setiap serat, molekul dan sel tubuh. Memperluas diafragma, udara sehingga lebih akan datang dalam paru-paru. Tahan selama 4 / 5 detik. Hembuskan napas perlahan-lahan dengan mengontrak diafragma memberikan sel udara cukup waktu untuk kembali menyerap prana sisa untuk sejauh mungkin maksimal. Sekali lagi menahan napas keluar untuk 4 / 5 detik. Ulangi 3-4 kali.

Selama Pranayama salah satu harus benar-benar dalam kehalusan inhalasi, pernafasan dan dalam kealamian retensi. Setiap inhalasi mengaktifkan Central Nervous System ke dalam menstimulasi saraf perifer dan pernafasan setiap memicu proses sebaliknya. Selama retensi napas, kedua proses berlangsung. Sementara menghirup atau mempertahankan nafas dalam siklus pranayama, ingat untuk memastikan bahwa perut tidak membengkak

Manfaat Pranayam:

Pada pernapasan pranayama, otak tenang dan ini memungkinkan sistem saraf agar berfungsi lebih efektif. Manfaat pranayam adalah bahwa pikiran mendapat mantap & tajam. Daya konsentrasi meningkat. Pikiran dapat difokuskan pada hal mikro. Dengan berlatih Pranayama, kita belajar untuk memindahkan energi secara vertikal, horizontal dan siklis ke perbatasan tubuh. Manfaat lain adalah bahwa dari Triguna-Satvaguna meningkat dan Rajoguna (Wayward), Tamoguna (malas) menurun. Peningkatan satvaguna (tujuh karakteristik sehat) sangat diperlukan untuk perkembangan spiritual manusia.

Jika Anda gagal setelah beberapa siklus, harus puas dengan pengetahuan bahwa Anda telah berlatih tiga-empat siklus dengan kesadaran dan perhatian. Jangan berpaling dari kegagalan. Menerima mereka dan belajar dari mereka. Lambat laun Anda akan belajar untuk menguasai Pranayama.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: