Yoga

Berbagai Jenis Yoga ( gambaran umum Yoga)

Ada berbagai jenis praktek yogato, jadi penting untuk mengetahui jenis yoga yang tepat untuk Anda.
Berikut pengenalan untuk beberapa jenis yang paling umum dan populer dari yoga:

Bikram Yoga – berlatih yoga dengan gerakan dan pada kondisi panas dalam kelembaban 40% –  Meskipun hanya memiliki 26  pose dan ada banyak keselarasan .

Hatha Yoga – hatha biasanya memerlukan / melibatkan banyak pekerjaan napas/ pernafasan. Kelas ini juga kemungkinan akan difokuskan pada gerakan lambat dan lembut

Vinyasa Yoga – Vinyasa biasanya tipe gerakannya agak cepat ,yoga dengan banyak pose yang berbeda. yang lain memulai dengan salam matahari

Kundalini Yoga – “Kundalini” mengacu pada energi dari Chakra akar , yang mengelilingi daerah sekitar punggung bawah anda. Mengharapkan banyak gerakan pada daerah tersebut. juga gerakan cepat dan duduk lebih lama dari biasanya.

Yoga Ashtanga – Biasanya disebut yoga Daya, Ashtanga secara fisik menuntut. Ini mungkin paling cocok untuk seorang atlet mantan atau seseorang yang mencari untuk membentuk tubuh mereka.

Iyengar Yoga – Menggunakan banyak alat peraga seperti blok, harness, tali, dan bahkan bantal. Ada juga banyak fokus pada gerakan keselarasan sehingga Iyengar dapat menjadi terapi fisik.

Anusara Yoga -.. Didirikan pada tahun 1997 oleh John Teman, Anusara dicontohkan lebih banyak mengarah spiritual

Kripalu Yoga – Dianggap sebagai salah satu bentuk yang paling lembut dari yoga, Kripalu memiliki lebih dari sebuah “fokus batin.” .

Restoratif Yoga – banyak digunakan unruk mereda keruwetan fikiran setelah seharian bekerja Atau untuk menenangkan pikiran jadi terfokus pada relaksasi.

Jivamukti Yoga – Jivamukti sebagian besar dipraktekkan di NYC seperti yang didirikan di sana pada tahun 1984. Ini adalah jenis yang beragam dari yoga , dengan musik, nyanyian, dan kitab suci .

Strala Yoga – Dibuat oleh Tara Stiles, instruktur yoga Deepak Chopra, Strala dirancang untuk membersihkan tubuh dan pikiran, dan menghubungkan manusia dengan intuisi untuk menemukan kesehatan mereka sendiri dan spiritualitas.

Prenatal Yoga – khusus ibu hamil , banyak kegiatan  inti dan fokus pada pernapasan.

mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm

Sebenarnya Yoga meliputi berbagai aspek kegiatan physic dan mental yang merupakan proses jalan utama pengendalian pikiran yang menyangkut soal etika dan filsafat hidup dengan disertai tujuan yang luhur, suci dan murni.

Penyusun ajaran Yoga adalah Rsi Patanjali dalam kitab Yoga sutra Patanjali. Pada garis besarnya ajaran Yoga meliputi empat bagian pokok, yaitu Karma, Bhakti, Jnana, dan Raja – Yoga.

Dalam Bhagawadgita, Sri Krishna mengungkapkan 18 bentuk yoga yang telah meliput keempat bagian tersebut, yaitu: Arjuna Vishada, Samkhya, Karma, Jnana, Karma Samnyasa, Dhyana, Jnana Vijnana, Akshara Brahma, Raja Vidya Raja Guthya, Vibhuti, Viswa Rupa Darsana, Bhakti, Kshetra Kshetrajna Vibhaga, Guna Traya Vibhaga, Purushattma, Daivasura Sampad Vibhaga, Sradaha Traya Vibhaga, dan Samnyasa.

Murid-murid Rsi Patanjali kemudian merangkum dan mengembangkan ajaran Yoga menjadi 7 sadhana, yaitu: Shat Karmas, Asanas, Mudra, Pratyahara, Pranayama, Dhyana, dan Samadhi.

Praktik Yoga yang banyak dilakukan dewasa ini oleh masyarakat umum adalah gabungan dari Asanas, Pranayama, dan Samadhi. Ketertarikan umat non-Hindu belajar Yoga, karena Yoga dapat mewujudkan kesehatan jasmani dan rohani.

Namun demikian, belajar Yoga yang benar adalah tidak hanya melakukan tehnik yoga secara physic saja, tetapi juga peningkatan kualitas Jnana yang menyangkut filsafat dan etika disertai pengendalian pikiran menuju pada kesucian lahir-bathin (Hindu :sesuai ajaran Veda terutama dalam Bhagawadgita )

1. Yoga Pranayama secara singkat:

  1. duduk bersila yang santai/ jangan tegang
  2. tarik nafas melalui hidung sampai rongga dada penuh secara pelan-pelan dalam beberapa hitungan/ detik
  3. tahan nafas di paru-paru selama beberapa detik
  4. hembuskan nafas keluar melalui hidung pelan-pelan selama beberapa detik
  5. demikian berulang-ulang, kalau bisa sampai ratusan x putaran
    *) beberapa bisa 5 – 7 atau 9 , untuk pemula sebaiknya memulai dengan 5 hitungan/ detik

2. Yoga Kundalini. Yang dimaksud ‘kundalini’ adalah rangkaian ‘cakra’ yang ada di dalam tubuh kita, yakni:

  1. di dubur: muladara cakra
  2. di kemaluan: swasditana cakra
  3. di pusar: manipura cakra
  4. di jantung: anahata cakra
  5. di tenggorokan: wisudi cakra
  6. di sela-sela alis: ajnya cakra
  7. di ubun-ubun: sahasrara cakra

Yoga Kundalini bertujuan menguatkan/ membangunkan rangkaian cakra-cakra ini untuk menopang kesehatan dan kekuatan jasmani/ rohani.

Yang dimaksud dengan ‘cakra’ adalah jalinan urat syaraf yang unik  yang dapat dan tidak dapat dilihat dengan kasat mata atau dengan peralatan tertentu.

Dapat dilihat’ artinya dengan sistem ilmu kedokteran. ‘Tidak dapat dilihat’ artinya keberadaannya hanya dapat diketahui/ dirasakan oleh mereka yang telah melaksanakan Yoga Kundalini.

3. Kombinasi: Yoga Kundalini – Yoga Pranayama – Meditasi – jika digabungkan dalam pelaksanaannya membawa dampak: kesehatan spiritual, emosional, inteligensi dan fisik. Tata caranya:

  1. Lakukan Pranayama Yoga sesuai petunjuk di atas,  bayangkan dalam pikiran jalur Kundalini berurutan dari dubur ke atas (ketika menarik nafas), bayangkan kekuatan kundalini sedang terpusat di ubun-ubun (ketika menahan nafas), bayangkan kekuatan Kundalini menyebar ke seluruh tubuh (terutama yang terasa sakit ketika itu, ketika mengeluarkan nafas)
  2. Bagi mereka yang sudah pengalaman , ketika proses berlanjut, ucapkan Doa
  3. Meditasi dilakukan dengan membuang pikiran-pikiran lain, hanya memikirkan Pranayama, Kundalini
  4. Meditasi Angka adalah jenis meditasi yang mengkonsentrasikan pikiran pada angka. Dalam hal ini pilihan (pribadi saya) adalah angka 1 (satu) , Esa, Tunggal

Pengalaman penulis : Pranayama (9 detik tarik-tahan-lepas nafas ) dengan putaran 9×9 – Kundalini – Meditasi , dapat menimbukan  sesuatu gelombang energy yang sangat dahzat.., seperti mengirim imajinasi ke alam fikir orang lain, atau menggerakan sesuatu benda yang diam dan membantu pengobatan antara lain
1. Memanggil seseorang untuk segera datang tanpa komunikasi sebelumnya
2. Memberika pengobatan jarak jauh
3. Membantu percepatan proses penyembuhan diri sendiri
5. Menghilangkan kebosanan (tidak pernah merasa bosan)
6. Pada kondisi ekstrim…, mengail ikan dengan hasil yang cukup ditempat yang secara alamiah tdk ada/ sangat kurang  ikannya. 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: