Yoga Ashtanga

 Latar Belakang Yoga Ashtanga

Ashtanga yoga adalah sistem yoga dicatat oleh Resi Wamana bijak dalam Korunta Yoga, sebuah naskah kuno “dikatakan berisi daftar kelompok yang berbeda dari asana, serta ajaran-ajaran yang sangat asli pada Vinyasa, drishti, bandhas, mudra, dan filsafat “(Jois 2002 xv). Teks dari Korunta Yoga “itu diberikan kepada Sri T. Krishnamacharya di awal 1900-an oleh-Nya Guru Rama Mohan Brahmachari, dan kemudian diturunkan kepada Pattabhi Jois selama masa studi dengan Krishnamacharya, dimulai pada tahun 1927” (“Yoga Ashtanga “). Sejak tahun 1948, Pattabhi Jois telah mengajar yoga Ashtanga yoga Shala dari nya, Yoga Ashtanga Research Institute (Jois 2002 xvi), menurut tradisi suci Guru Parampara [suksesi disciplic] (Jois 2003 12).

Ashtanga yoga secara harfiah berarti “delapan cabang yoga,” sebagaimana digariskan oleh Patanjali bijak dalam Yoga Sutra. Menurut Patanjali, jalan pemurnian internal untuk mengungkapkan Diri Universal terdiri dari delapan praktek spiritual berikut ini:

Yama [kode moral yang]
Niyama [pemurnian diri dan studi]
Asana [postur]
Pranayama [kontrol napas]
Pratyahara [kendali akal]
Dharana [konsentrasi]
Dhyana [meditasi]
Samadhi [penyerapan ke dalam Universal] (Scott 14-17)

Empat pertama anggota badan-yama, niyama, asana, pranayama-dianggap praktek pembersihan eksternal. Menurut Pattabhi Jois, cacat dalam praktek eksternal dapat diperbaiki. Namun, cacat pada pembersihan internal praktik-Pratyahara, dharana, dhyana-tidak diperbaiki dan dapat berbahaya bagi pikiran kecuali metode yoga yang benar Ashtanga diikuti (Stern dan Summerbell 35). Untuk alasan ini, Pattabhi Jois menekankan bahwa “metode Yoga Ashtanga Yoga Patanjali adalah” (Flynn).

Definisi dari yoga adalah “mengendalikan pikiran” [citta vrtti nirodhah] (Jois 2003 10). Dua langkah pertama menuju mengendalikan pikiran adalah kesempurnaan yama dan niyama (Jois 2003 10). Namun, itu adalah “tidak mungkin untuk praktek tungkai dan sub-anggota badan dari yama dan niyama ketika tubuh dan organ-organ indera yang lemah dan dihantui oleh rintangan” (Jois 2002 17). Seseorang harus terlebih dahulu mengambil latihan asana setiap hari untuk membuat tubuh kuat dan sehat (Jois 2003 10). Dengan organ-organ tubuh dan akal dengan demikian stabil, pikiran dapat stabil dan terkontrol (Jois 2002 16). Dengan mengendalikan pikiran, seseorang dapat mengejar dan menangkap dua anggota pertama (Flynn).

Untuk melakukan asana dalam yoga Ashtanga dengan benar, seseorang harus menggabungkan penggunaan Vinyasa dan tristhana. “Vinyasa berarti pernapasan dan sistem gerakan Untuk setiap gerakan, ada satu napas Misalnya, di Surya Namskar ada sembilan vinyasas Yang pertama adalah Vinyasa menghirup sambil mengangkat tangan di atas kepala Anda, dan menempatkan tangan Anda bersama-sama;… Yang kedua adalah menghembuskan napas sementara membungkuk ke depan, menempatkan tangan Anda di samping kaki Anda, dll Dengan cara ini semua asana ditugaskan sejumlah vinyasas “(” Yoga Ashtanga “).

“Tujuan Vinyasa adalah untuk pembersihan internal” (“Ashtanga Yoga”). Sinkronisasi pernapasan dan gerakan di asana memanaskan darah, pembersihan dan menipis itu sehingga dapat bersirkulasi lebih bebas. Peningkatan sirkulasi darah mengurangi nyeri sendi dan menghilangkan racun dan penyakit dari organ internal. Keringat yang dihasilkan dari panas Vinyasa kemudian membawa kotoran keluar dari tubuh. Melalui penggunaan Vinyasa, tubuh menjadi sehat, ringan dan kuat (“Ashtanga Yoga”).

Tristhana mengacu pada persatuan “tempat tiga perhatian atau tindakan: postur, napas sistem dan mencari tempat yang Ketiga adalah sangat penting untuk berlatih yoga, dan mencakup tiga tingkat pemurnian:. Tubuh, sistem saraf dan pikiran Mereka selalu dilakukan. dalam hubungannya dengan satu sama lain “(” Ashtanga Yoga “).

Postur: “Metode untuk memurnikan dan memperkuat tubuh disebut asana” (Jois 2002 22). Dalam Ashtanga yoga, asana ini dikelompokkan ke dalam enam seri. “Seri Primer [Yoga chikitsa] mendetoksifikasi dan meluruskan tubuh. Seri Menengah [Nadi Shodhana] memurnikan sistem saraf dengan membuka dan membersihkan saluran energi. Seri Lanjutan A, B, C, dan D [Sthira Bhaga] mengintegrasikan kekuatan dan anugerah dari praktek, membutuhkan tingkat yang lebih tinggi dari fleksibilitas dan kerendahan hati. Setiap tingkat harus sepenuhnya dikembangkan sebelum melanjutkan ke yang berikutnya, dan urutan sekuensial dari asana adalah harus cermat diikuti. postur Setiap persiapan untuk selanjutnya, mengembangkan kekuatan dan keseimbangan yang diperlukan untuk bergerak lebih jauh “(Pace). Tanpa upaya sungguh-sungguh dan hormat terhadap praktek yama dan niyama, bagaimanapun, praktek asana adalah keuntungan kecil (Flynn).

Pernapasan: Teknik pernapasan dilakukan dengan Vinyasa disebut Ujjayi [napas menang] (Scott 20), yang terdiri dari puraka [inhalasi] dan rechaka [pernafasan] (“Ashtanga Yoga”). “Baik menghirup dan menghembuskan napas harus stabil dan bahkan, panjang menghirup harus sama panjangnya dengan hembuskan” (“Ashtanga Yoga”). Seiring waktu, panjang dan intensitas menghirup dan menghembuskan nafas harus meningkatkan, seperti bahwa peningkatan peregangan napas memulai peningkatan peregangan tubuh (Scott 21). Lama, bahkan bernapas juga meningkatkan api internal dan memperkuat dan memurnikan sistem saraf (“Ashtanga Yoga”).

Bandhas merupakan komponen penting dari teknik pernapasan Ujjayi. Bandha berarti “kunci” atau “segel” (Scott 21). Tujuan dari bandha adalah untuk membuka dan mengarahkan energi prana ke dalam 72.000 [saluran energi] nadi dari tubuh halus (Scott 21). Mula bandha adalah kunci anal, dan uddiyana bandha adalah kunci perut bagian bawah (“Ashtanga Yoga”). Kedua bandhas “segel dalam energi, memberikan ringan, kekuatan dan kesehatan tubuh, dan membantu untuk membangun api internal yang kuat” (“Yoga Ashtanga”). Mula bandha beroperasi pada akar tubuh untuk menyegel prana internal untuk uddiyana bandha untuk mengarahkan ke atas prana melalui nadi (Scott 21). Jalandhara bandha adalah “tenggorokan kunci” (Jois 2002 23, n.27), yang “terjadi secara spontan dalam bentuk halus dalam asana banyak karena dristi (” tatapan titik “), atau posisi kepala” (Scott 23). “Kunci ini mencegah energi prana [dari] melarikan diri dan berhenti setiap membangun-up tekanan di kepala ketika memegang napas” (Scott 23). Tanpa bandha kontrol, “bernapas tidak akan benar, dan asana akan memberikan manfaat tidak” (“Ashtanga Yoga”).

Tempat Mencari: Dristhi adalah titik menatap yang satu berfokus saat melakukan asana (“Ashtanga Yoga”). “Ada sembilan dristhis:. Hidung, antara kedua alis, pusar, ibu jari, tangan, kaki, atas, samping kanan dan sisi kiri Dristhi memurnikan dan menstabilkan fungsi pikiran” (“Ashtanga Yoga”). Dalam praktek asana, ketika pikiran berfokus murni pada inhalasi, pernafasan, dan drishti, negara yang dihasilkan dalam konsentrasi membuka jalan bagi praktek-praktek dharana dan dhyana anggota badan enam dan ketujuh dari Ashtanga yoga (Scott 23).

Instruksi dalam pranayama dapat dimulai setelah satu telah mempelajari asana baik dan dapat berlatih mereka dengan mudah (Jois 2002 23). “Pranayama berarti mengambil pada kekuatan halus angin penting melalui rechaka [napas], puraka [inhalasi], dan kumbhaka [retensi napas]. Hanya kriyas ini, dipraktekkan dalam hubungannya dengan tiga bandhas [kontraksi otot, atau kunci] dan dalam sesuai dengan aturan, bisa disebut pranayama “(Jois 2002 23). Tiga bandhas adalah “mula bandha, uddiyana bandha, dan jalandhara bandha, dan mereka harus dilakukan saat berlatih asana dan sejenisnya” (Jois 2002 23). “Ketika mula bandha yang sempurna, kontrol pikiran adalah otomatis” (“Ashtanga Yoga”). “Dengan cara ini tidak Patanjali mulai Yoga Dengan menggunakan mulabandha dan dengan mengendalikan pikiran, dia secara bertahap mendapatkan pengetahuan tentang Yoga.” (Jois 2003 11).

Berlatih Asana selama bertahun-tahun dengan Vinyasa benar dan tristhana memberikan siswa kejelasan pikiran, kemantapan, tubuh, dan pemurnian dari sistem saraf untuk memulai praktek pranayama diresepkan (Flynn). “Melalui praktek pranayama, pikiran menjadi ditangkap dalam satu arah dan mengikuti pergerakan nafas” (Jois 2002 23). Pranayama merupakan landasan bagi praktek pembersihan internal Ashtanga yoga (Flynn).

Empat praktik-Pratyahara pembersihan internal, dharana, dhyana, dan samadhi-membawa pikiran di bawah kontrol (Stern dan Summerbell 35). Ketika pemurnian lengkap dan mengendalikan pikiran terjadi, Enam Racun sekitar jantung spiritual [kama (keinginan), krodha (marah), moha (delusi), lobha (keserakahan), matsarya (kemalasan), dan mada (iri)] – ” akan, satu per satu, pergi benar-benar “(Stern dan Summerbell 35), mengungkapkan Diri Universal. Dengan cara ini, itu, benar rajin latihan Yoga Ashtanga di bawah arahan seorang Guru “dengan pikiran yang tenang tanpa borgol dari organ-organ indera eksternal dan internal” (Jois 2002 22) akhirnya mengarah satu untuk realisasi penuh dari delapan cabang yoga Patanjali yang .

~ by satrialang on January 27, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: