Yoga Asana

Latihan yoga belakangan ini adalah salah satu pilihan olahraga yang cukup digandrungi oleh warga ibukota. Cukup banyak studio ataupun sanggar senam yang menawarkan latihan yoga asana. Situasi ini disambut cukup baik oleh warga karena keuntungan yoga asana terhadap kesehatan sudah terbukti, yaitu membuat badan menjadi lentur, badan terasa lebih segar dan pikiranpun menjadi jernih.

Namun, masih cukup banyak praktisi yang masih kurang tahu fakta dari latihan yoga asana. Berikut adalah 7 fakta latihan yoga yang mungkin  anda tidak ketahui…

“Latihan Yoga Asana” bukanlah berlatih gymnastik, tetapi lebih fokus terhadap “Postur”.
Apabila anda melihat seseorang yang dapat melakukan gerak yoga dengan sangat lentur, apakah anda harus iri? Apabila “ya”, anda masih salah menilai. Latihan yoga asana mengutamakan “postur” disertai oleh “fokus pada nafas” (breathing) dan konsentrasi pada jalannya pikiran (mind).  Apabila dihubungkan dengan kelenturan badan, sudah pasti para pesenam atau gymnast dapat melipat badan mereka dengan sangat baik sekali.  Jadi yang dinilai bukan hanya lentur nya badan, tetapi disertai oleh fokus pikiran dan nafas.

Latihan yoga asana tidak memerlukan perlengkapan yang mahal
Berlatih yoga tidak memerlukan tempat yang luas dan perlengkapan yang mahal.  Bandingkan dengan olahraga sepeda balap. Olahraga ini memerlukan sepeda yang khusus (dari rangka sepeda, dan ban), helm, pakaian dan sepatu yang sesuai.  Berlatih yoga juga dapat dilakukan di ruangan sempit, yang penting ada aliran udarara segar.  Tetapi ada satu hal yang jangan anda lewatkan, yaitu memilih yoga mat yang cocok (terutama bagi praktisi intermediate ke advance).  Karena yoga mat yang baik akan memberikan bantalan (cushion) yang maksimum sewaktu melakukan inverse position (posisi terbalik) dan memberikan rasa tidak licin pada tangan dan kaki sewaktu berkeringat (anti slip)–> salah satu pilihan yoga mat yang baik adalah

Beberapa posisi yoga asana melatih otot seperti layaknya kita latihan beban
Latihan yoga asana bukan berarti hanya latihan kelenturan badan dan postur, tetapi juga melatih otot seperti layaknya latihan beban.  Cukup banyak posisi asana memberikan beban pada otot secara maksimal karena kita harus menahan berat badan kita sendiri.  Hal ini tentunya memberikan kekuatan otot (muscle agility), keseimbangan (balance), daya tahan (endurance) serta vitalitas.

Yoga asana memberikan kesehatan secara komprehensif
Yoga telah dikembangkan beratus tahun (centuries) oleh para yogi, maka itu latihan yoga memberikan efek yang sangat komprhensif pada tubuh kita yaitu:  pada otot (muscle),  titik saraf (nerve), dan kelenjar (glands).  Latihan yoga membentuk fisik yang kuat dan elastis, tanpa membentuk otot yang besar.  Anda tidak akan merasa cepat capai pada hari-hari sibuk anda apabila anda kontinyu latihan yoga.

Beda yoga dengan olahraga lainnya
Pada umumnya, olahraga lain selalu fokus terhadap fisik, dan tidak memperdulikan “pikiran”/”mind”.  Padahal, fisik akan bekerja apabila “mind is controlling the body” atau “mind over the body” dan bukan sebaliknya.

Arti yoga asana bagi para yogi
Para yogi menaklukan fisik dengan berlatih yoga asana, sehingga kesehatan tubuh sebagai kendaraan penting bagi jiwa mereka. Sebuah jiwa tanpa tubuh yang sehat akan seperti burung yang tidak dapat terbang.

Yoga asana tidak dapat anda beli dengan “Uang”
Berlatih yoga asana berarti anda harus bekerja dan berlatih dengan konsisten dan seksama.  Hal ini bukanlah sebuah komoditas yang anda bisa beli dengan uang, seperti halnya kesehatan.  Anda harus menjaganya untuk terus dilakukan dengan benar dan seksama untuk mencapai equilibrium mind, body dan spirit.

SANSKRIT NAME
Akarna dhanur-asana
Anjanaya-asana
Ardha Chandra-asana
Ardha Matsyendra-asana
Baddha kona-asana
Bala-asana
Chakra-asana
Dhanur-asana
Ekapada-asana
Garuda-asana
Gomukha-asana
Hala-asana
Hasta-pada-angusta
Matsya-asana
Naga-asana
Nataraja-asana
Padma-asana
Parivritta-parshvakona
Pavana mukta-asana
Sarvanga-asana
Shalabha-asana
Shava-asana
Siddha-asana
Simha-asana
Sirsha-asana
Surya-namaskar
Tada-asana
Trikona-asana
Ugra-asana
Ushtra-asana
Vajra-asana
Vira-asana
Vriksha-asana
Vrischika-asana

~ by satrialang on December 21, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: